Ini Cara Umbara “Cuci Otak” Pejabat di Bandung Barat

shalat subuh berjemaah di lingkungan Pemkab Bandung Barat
Bosscha.id

Bosscha.id- Revolusi Spritual menjadi bagian dari genapnya enam bulan Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memimpin daerahnya. Selama menjadi Bupati, Umbara mampu menggerakan gerakan shalat subuh berjemaah di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Dampak spiritual, sosial dan kultural begitulah yang kini sedang ditanamkan oleh Aa Umbara. Oleh karena itu, setiap Jumat Aa Umbara rutin mengajak ASN untuk datang ke Masjid dan mencuci otak dan batin para pejabat di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

“Saya ingin seluruh ASN terbiasa shalat subuh berjamaah. Sekarang tanda-tanda kemajuan KBB sudah makin terlihat yang dimulai dari para ASN itu sendiri,” kata Aa Umbara setelah pelaksanaan shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Ash Shidiq, Ngamprah, Jumat (29/3/2019).

Sebagai ujung tombak pelayanan negara kepada masyarakat, menurut Umbara, ASN harus memiliki kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual. Sehingga pada program shubuh berjemaah ini, ia juga membuka ruang diskusi di kalangan pejabat yang dilakukan seusai shalat.

“Shalat subuh berjamaah ini merupakan ajang introspeksi diri. Jadi, jangan marah ketika pimpinan mengajak berubah menuju kebaikan,” katanya.

Shalat subuh berjemaah di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat.
Infografis: Revolusi Spiritual di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Bosscha.id

Dengan meningkatnya kehadiran ASN pada shalat subuh berjamaah, Umbara mengaku bangga. Apalagi hampir 75% kapasitas masjid dipenuhi jamaah.

“Awalnya memang ada keterpaksaan. Tapi lama-lama akan menjadi terbiasa. Ini juga dilakukan untuk memperkuat dan mempersatukan umat. Karena dengan bersatu saya yakin kita akan lebih maju,” ujar Umbara.

shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Ash Shidiq

Disiplin ASN Meningkat

Baca Juga:   Proyek KCIC Rusak Pipa Air Milik BUMD KBB

Saat ini disiplin para ASN di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bandung Barat meningkat.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala BKPSDM Agus Maolana disiplin para ASN di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bandung Barat meningkat. Meningkatnya kedisiplinan ASN tidak terlepas dari adanya perbaikan sistem di pemerintahan.

“Kami bersyukur kehadiran ASN sekarang sudah sangat baik. Adanya fingerprint dan juga rutinnya shalat subuh berjemaah, kehadiran para ASN pun meningkat signifikan,” katanya.

Selain itu, Agus juga mengatakan, tingkat pelanggaran disiplin pegawai pada tahun lalu menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Adapun hal ini akibat munculnya kasus pejabat korupsi.

“Sehingga sekarang tidak ada tindakan-tindakan indisipliner yang dilakukan oleh ASN. Termasuk tidak ada laporan-laporan pelanggaran berat dari ASN,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password