Mulai Groundbreaking, IKEA Bakal Hadir di KBB 2020

Peletakan Batu Pertama IKEA di KBB
Acara peletakan batu pertama (ground breaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan gerai IKEA di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis (28/3/2019).

Bosscha.id – IKEA Indonesia toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia menggelar acara peletakan batu pertama (ground breaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan gerai IKEA pertama di luar Jakarta, di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis (28/3/2019).

Rencananya toko IKEA Bandung ini akan berdiri di atas area lahan seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35 ribu meter persegi atau setara tiga kali luas Alun-alun Bandung.

“Pembangunan toko IKEA di luar Jakarta ini menjadi yang pertama. Diharapkan pembangunannya dapat rampung dan dibuka pada akhir 2020 mendatang,” ujar Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall saat konferensi pers usai acara groundbreaking.

gerai IKEA
Bosscha.id

Menurut Patrik, keberadaan toko IKEA bisa memberikan inspirasi dan solusi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari, yang lebih baik bagi masyarakat.  Apalagi, konsep produk perabot rumah tangga ini dikembangkan dengan konsep democratic design. “Kami menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung,” kata Patrick.

Patrik juga mengatakan, hadirnya toko IKEA Bandung ini dapat memberikan kesempatan bagi 400 peluang kerja baru.

“Dengan tangan terbuka kami siap menyambut anggota baru menjadi bagian dari keluarga IKEA,” ucapnya.

gerai IKEA
Bosscha.id

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang turut hadir pada acara groundbreaking mengatakan, hadirnya IKEA diharapakan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.  Adapun menurutnya pada akhir 2017 ekonomi Jawa Barat ada di angka 5,1 persen, dan saat ini sudah mencapai 5,7 persen. 

“IKEA ini memberikan investasi sebesar Rp 1,4 triliun. Saya titip, nantinya pegawai di toko IKEA ini memaksimalkan warga asli Kabupaten Bandung Barat,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Baca Juga:   Muhaimin Terpilih Aklamasi Pimpin PKB 2019-2024

Emil menambahkan, nantinya IKEA bukan hanya melakukan penjualan produk-produk melainkan dapat pula memberikan pelatihan dan membantu desa-desa yang tertinggal. Oleh karena itu, ia berharap IKEA bisa memasarkan pula produk-produk lokal di Jawa Barat, yang terbuat dari bambu.

“Saya telah menjadi customer IKEA sejak 1997. Dipilihnya IKEA di sini, karena memang lokasinya strategis dan dekat dengan akses tol. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari pintu tol Padalarang,” ujarnya

gerai IKEA
Bosscha.id

Sementara itu, menurut Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, dengan hadirnya IKEA di KBB diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bandung Barat. 

“IKEA akan berkolaborasi dengan pengrajin lokal dan akan ada juga penggunaan bahan baku lokal diberbagai produknya. Terkait tenaga kerja kita juga sudah komitmen, supaya menyerap tenaga kerja yang berasal dari Bandung Barat,” kata Umbara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password