Targetkan 7 Juta Wisatawan, KBB Bangun Objek Wisata Baru di Selatan

Targetkan 7 Juta Wisatawan, KBB Bangun Objek Wisata Baru di Selatan 19
Bosscha.id/Infografis

Bosscha.id – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menargetkan 7 juta kunjungan wisatawan pada 2019 ini. Target tersebut tidak terlepas dari banyaknya pengembangan destinasi wisata baru terutama di wilayah selatan KBB, seperti Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power Saguling di Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor.

“Target itu tidak muluk-muluk, realistis sesuai potensi wisata yang saat ini sedang di buka dan kembangkan,” kata Sekretaris Disparbud KBB, Cucu Sartika di Ngamprah, Selasa (26/3/2019).

Menurut Cucu, berdasarkan data Disparbud jumlah angka kunjungan wisatawan ke KBB mencapai 5.847.932 kunjungan di tahun 2018. Angka itu berdasarkan pendataan Disparbud KBB ke 56 objek wisata.

“Jumlah angka kunjungan itu terdiri dari 5.814.070 kunjungan wisatawan lokal dan 33.860 kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman). Data itu kami peroleh dari hasil pendataan ke 56 objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah, swasta, Bumdes, Pokdarwis dan kelompok masyarakat,” terangya.

Cucu menambahkan, angka kunjungan tahun 2018, naik 40 % dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 3.803.892 kunjungan. Kenaikan sangat drastis disebabkan sejumlah faktor diantaranya bertambahnya destinasi wisata baru.

Baca Juga:   Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

“Selain itu, dulu pendataan tidak tercover semua. Karena yang berwenang melakukan pendataan ini ada dibagian lain,” ujarnya.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebelumnya mengungkapkan, pihaknya akan mengembangkan destinasi wisata baru di sejumlah daerah. Pengembangan tersebut diharapkan pariwisata KBB bisa merata dan tidak hanya terfokus di wilayah utara seperti di Lembang.

Bahkan ia meyakini wilayah selatan memiliki prospek yang menjanjikan jika dikembangkan sebagai daerah wisata baru.

“Selain bumi perkemahan terlengkap, di sekitar sini (buper,red) kita juga akan kembangkan obyek wisatanya. Karena view (pemandangan)-nya cukup menunjang,” ujar Umbara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password