‘Cimahi Military Tourism’ Wisata Perjalanan yang Membosankan

'Cimahi Military Tourism' Wisata Perjalanan yang Membosankan 18
Bosscha.id/Infografis

Bosscha.id- Warga yang sudah menjajal bus Sakoci “Cimahi Military Tourism’ menganggap perjalanan yang ditempuh cukup membosankan. Sebab, bus Sakoci hanya lewat di depan tempat-tempat bersejarah yang jadi tujuan wisata tanpa ada kesempatan berhenti untuk sekadar mengambil foto.

Selain itu, ketika mereka berada di atas bus Sakoci, hanya bisa duduk sambil mendengarkan pemandu wisata berbicara, meskipun penumpang bisa swafoto sesekali.

“Saya kira sih berhenti dulu di setiap tempat heritagenya, ternyata hanya lewat. Kalau cuma gitu ya membosankan, jadi bus Sakoci ini hanya jalan-jalan biasa aja,” ungkap Citra Puspahati, seorang warga Padasuka, saat ditemui di Cimahi, belum lama ini.

Ia pun berharap, ke depan bus Sakoci tersebut bisa lebih aysik untuk dinikmati oleh wisatawan.

Belum Memiliki Izin

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja, mengungkapkan hingga saat ini ‘Cimahi Military Tourism’ memang belum memiliki izin dari Kodiklat TNI AD.

Dengan demikian, saat ini pihaknya belum berani membuat konsep perjalanan wisata secara utuh. Misalnya, bus wisata Saba Kota Cimahi atau Sakoci yang bisa keluar masuk ke fasilitas pendidikan militer sebagai destinasi Cimahi Military Tourism. 

Baca Juga:   LRT Jabodebek Beroperasi Menyeluruh Ditargetkan Juni 2021

“Kalau sampai masuk de dalam harus ada izin. Dari Kodiklat belum ada izin, jadi ya bus Saba Kota Cimahi yang bawa wisatawan hanya lewat saja,” ungkap Budi saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi.

'Cimahi Military Tourism' Wisata Perjalanan yang Membosankan 19

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya baru pada tahap merencanakan pengajuan izin agar wisata itu bisa dinikmati sampai masuk ke dalam tempat-tempat besejarah dengan tujuan hiburan dan edukasi.

“Kami harus ekspos dulu ke Kodiklatnya, ini yang sedang kami siapkan, karena bahannya harus matang. Tapi kedepannya konsep wisata ini akan lebih matang dan seperti keinginan masyarakat,” terangnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password