Bupati KBB Aa Umbara Sutisna akan Sulap Desa Baranangsiang Jadi Buper Terlengkap di Indonesia

Bupati KBB Aa Umbara Sutisna akan Sulap Desa Baranangsiang Jadi Buper Terlengkap di Indonesia 19
Bosscha.id/Infografis

Bosscha.id- Sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat selama memiliki potensi yang sangat besar. Tak heran Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memiliki perhatian yang besar.

Rencananya, Pemkab Bandung Barat akan membangun bumi perkemahan (buper) Indonesia Power Saguling (IPS) di Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor menjadi kawasan buper terlengkap di Indonesia.

Lalu seperti apa konsep dan fakta-fakta terkait buper terlengkap di Indonesia yang akan disulap oleh Aa Umbara.

Prospek Menjanjikan

Berada di wilayah selatan yang kaya akan keindahan alam, buper tersebut diyakini Aa Umbara Sutisna memiliki prospek yang menjanjikan jika dikembangkan sebagai daerah wisata baru di wilayah selatan KBB.

“Selain bumi perkemahan terlengkap, di sekitar sini (buper,red) kita juga akan kembangkan obyek wisatanya. Karena view (pemandangan)-nya cukup menunjang,” ujar Umbara, disela-sela survey lapangan ke Buper IPS, Jum’at (22/3/2019).

Dibangun Wisata Terintegrasi

Seperti diketahui, buper yang berada di atas lahan milik PT Indonesia Power itu, berada di bukit-bukit kecil berdiri di pinggir Bendungan Waduk Saguling.

Rencananya, sekitar buper tersebut akan dibangun wisata edukasi, wisata olahraga dan wisata alam. Apalagi, lokasinya cukup ideal untuk sebuah obyek wisata.

“Di situ ada danaunya, di sebelah sana ada lapangan untuk berolahraga, kemudian di bawah itu bisa dibangun tempat kulinernya. Pokoknya sebuah kawasan wisata yang terintegrasi,” kata Umbara.

Direalisasikan 2020

Untuk ketersediaan anggaran pembangunan Buper IPS dimulai pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019. Adapun untuk pembangunan menyeluruh, baru bisa dilaksanakan pada tahun 2020.

Baca Juga:   Simak! Ini Nama Calon Wakil Ketua DPRD KBB dari PDIP dan Gerindra

“Yang jelas saya berharap MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT. IP-nya bisa segera dilaksanakan. Mudah-mudahan saja, mulai anggaran perubahan sudah bisa dilaksanakan pembangunannya seperti PJU (penerangan jalan umum),” ucap Umbara.

KBB Bersaing Dalam Pariwisata

Praktisi dan Pengamat Pariwisata Benny Suryana Khadir  mengatakan, sudah saatnya KBB bersaing dengan daerah-daerah lain dalam mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata.

Bahkan ia menyebut Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan wakil Bupati Hengki Kurniawan saat ini harus bisa memperhatikan kondisi tersebut.

“Di Bandung Barat cukup banyak potensi pariwisata yang jika dikekembangkan dengan profesional itu bisa maju. Sekarang Bandung Utara, itu sudah cukup baik. Saat ini tinggal fokus wilayah selatan saja untuk pengembangan wisata lainnya. Bupati dan wakil bupat yang sekarang harus awareness (sadar,red) dengan kondisi tersebut. Sekarang kita tinggal tunggu saja apa gebrakan pemerintah,” papar Benny.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password