Bupati KBB Aa Umbara Sutisna Bagikan 1000 Traktor untuk Petani

Jadi Lumbung Padi Nasional, KBB Mendapatkan Bantuan Alsintan Terbanyak di Indonesia
Bosscha.id/Infografis


Bosscha.id – Ribuan petani di Kabupaten Bandung Barat mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 1.000 unit traktor dari pemerintah daerah. Pemberian alsintan diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan produksi pertanian di daerah.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menuturkan, dengan adanya bantuan alsintan bagi para petani diharapkan mampu mendongkrak sektor pertanian di Bandung Barat. Apalagi KBB merupakan salah satu daerah lumbung padi nasional dengan cakupan wilayah lahan luas di Jawa Barat.

“Bantuan alsintan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Mudah-mudahan petani KBB menjadi no satu. Saya juga senang, karena sekarang petani kelihatannya kompak dan solid. Yang jelas semua petani harus bersatu,” tuturnya saat menghadiri Hari Krida Nasional (HKN) di Plaza Mekarsari Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, Kamis (21/3/2019).

Umbara juga mengatakan, disalurkannya ribuan traktor dan alat-alat pertanian tersebut diharapkan dapat menunjang dunia pertanian dimasa depan. 

“Janji saya ketika awal memimpin di Bandung Barat adalah memberikan traktor pada petani KBB. Saya harapkan, bantuan traktor ini dapat menambah kesejahteraan dan kemajuan para petani di Bandung Barat,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dari sekian banyak daerah di Jawa Barat, KBB menjadi salah satu daerah yang mendapatkan bantuan paling banyak dari pemerintah pusat. Termasuk pemerintah pusat menyumbangkan sebanyak 200 bibit benih kopi dan 200 ribu ekor ayam untuk senantiasa meningkatkan produktivitas dalam bidang pertanian di Bandung Barat. 

“KBB menjadi salah satu daerah yang mendapatkan bantuan terbesar dibandingkan daerah lainnya. Selain ada beberapa bantuan traktor kita juga memberikan 200 batang pohon kopi dan 200 ribu ekor ayam kampung,” kata Andi yang juga ikut memberikan langsung bantuan kepada para petani di KBB.

Baca Juga:   Aa Umbara Buka Ruang Komunikasi Publik Lewat Website Pribadi

Menurut Andi, demi menunjang pekerjaan pertanian di Indonesia bantuan alsintan harus disalurkan secara merata. Termasuk di Jawa Barat, kata dia, bukan hanya di KBB namun bantuan disalurkan ke daerah –daerah lainnya.

“Bantuan dari pusat untuk alat mesin pertanian di seluruh Jawa Barat mencapai 26 ribu lebih, dengan nilai mencapai Rp500 miliar. Itu kita lakukan karena pemerintah ingin memaksimalkan sektor pertanian di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ade Sopian (40) Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pucuk Lestari Desa Cikadu, Kecamatan Sindangkerta mengatakan bantuan tersebut diharapkan bisa membantu para petani untuk memproduksi pertanian. Apalagi, selama ini sektor pertanian mengalami krisis regenerasi.

“Minat masyarakat untuk bertani sekarang kurang. Sekarang untuk mencari kuli tani saja itu susah. Adanya alat bantuan saya harapkan bisa memprcepat produksi, termasuk jika mengolah lahan dan kondisi pengairan normal maka itu bisa kita kerjakan sendiri,” tuturnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password