Mewujudkan Prioritas Program Kerja Haluan Komisi DPRD KBB

dprd kbb

Bosscha.id – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat saat ini terus mendorong terwujudnya sejumlah program kerja dari masing-masing bidang Komisi. Dari empat komisi, yaitu Komisi I yang membidangi Pemerintahan, Komisi II yang membidangi Perekonomian dan Keuangan, Komisi III yang membidangi Pembangunan, dan Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, diharapkan mampu merealisasikan visi, misi, kebijakan dan program kerja strategis.

Wakil Ketua DPRD KBB Sunarya Erawan menyebutkan, seperti Komisi I cakupan kinerjanya meliputi bidang Pemerintahan Umum, Pertanahan, Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Hukum, Kependudukan dan Catatan Sipil, Kesbangpolinmas,  Inspektorat dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Pada bidang pemerintahan, itu kami harpakan tugas penyelenggaraan pemerintahan bisa memberikan berkepastian hukum dan terwujudnya pelayanan prima oleh aparatur pemerintah,” ujar Sunarya, di Padalarang, Jumat (20/1/2019).

Selain itu menurut Sunarya, untuk tugas Komisi II saat ini meliputi Pertanian, Kehutanan dan Perkebunann, Peternakan dan Perikanan, Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKM, Penanaman Modal, Keuangan Daerah dan Aset Daerah, Ketahanan Pangan, Kepariwisataan serta Perekonomian.

“Untuk bidang perekonomian, kami juga mendorong terwujudnya perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD KBB Sunarya Erawan
Wakil Ketua DPRD KBB Sunarya Erawan

Untuk cakupan kerja Komisi III , lanjut Sunarya, saat ini tugas komisi meliputi Pertambangan dan Energi, Penataan Ruang, Permukiman, Perencanaan Pembangunan, Pekerjaan Umum, Perhubungan dan Lingkungan Hidup.

Baca Juga:   Aa Umbara Buka Ruang Komunikasi Publik Lewat Website Pribadi

“Di bidang pembangunan ini, kami terus wujudkan kualitas pembangunan di sektor pendidikan dan transportasi disertai dengan kegiatan pembangunan yang memperhatikan kualitas lingkungan hidup,” ungkapnya.

Sunarya juga menyebutkan,  kerja Komisi IV saat ini meliputi Keagamaan dan Sosial Kemasyarakatan, Kesehatan, Pendidikan dan Kebudayaan, Ketenagakerjaan, Olahraga dan kepemudaan, Penanggulangan Bencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, serta arsip dan Perpustakaan Daerah. 

“Terakhir, yang meliputi bidang kesejahteraan ini, upaya kami adalah mendorong terwujudnya sarana dan prasarana sosial yang memadai disertai dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan,” tuturnya.

Sunarya menambahkan, berdasarkan pasal 69 ayat 1 peraturan tata tertib DPRD KBB, Komisi merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD.(A)**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password