Kredibel, Kapabel dan Akseptabel Cermin DPRD KBB di 2019

dprd kbb


Bosscha.id – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bandung Barat pada 2019 ini terus mendorong meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembuatan peraturan daerah  (perda).  Hal itu untuk mewujudkan DPRD KBB yang kredibel, kapabel dan akseptal yang menjungjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta keadilan maupun kesejahteraan rakyat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua DPRD KBB Ida Widaningsih, di Padalarang, Rabu (17/1/2019). Menurutnya, menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat dalam pembuatan kebijakan pemerintah itu merupakan tugas utama DPRD. Oleh karena itu, keberadaan DPRD sebagai lembaga legislatif harus bisa diketahui oleh masyarakat sesuai dengan peran fungsinya.

“Sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada salah persepsi maupun pandangan keliru atas peran dan fungsi DPRD yang juga sebagai bagian dari pemerintahan daerah,” kata Ida. 

Ida mengatakan, bahwa kedudukan legislatif dan eksekutif sama, begitu pula peran dan fungsinya, yakni bagaimana pemerintahan itu bisa berjalan dengan efektif dan mampu menghasilkan kebijakan yang dibutuhkan rakyat. 

“Perlu diktahui juga, selain tugas DPRD ini menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat dalam segala pembuatan kebijakan pemerintah, selama ini kami juga memilki tugas untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan meningkatkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah. Maka dari itu dibutuhkan sinergisitas antara eksekutif dan legislatif,” terangya.

KETUA DPRD KBB Ida Widaningsih
KETUA DPRD KBB Ida Widaningsih

Lebih lanjut Ida menjelaskan, agar peran dan fungsi anggota DPRD lebih optimal dan dikenal luas masyarakat, maka saat ini perlu publikasi secara khusus. Dengan cara tersebut diharapkan pandangan masyarakat kepada anggota dewan bisa positif. 

Baca Juga:   Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

“Hasilnya itu akan dikenal kemudian disayangi oleh masyarakat sebagai tempat pengaduan serta bersandar atas seluruh permasalahan di Bandung Barat yang kompleks,” tuturnya.(A)**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password