Butuh Rp 100 Miliar untuk Mempersolek Situ Ciburuy

Butuh Rp 100 Miliar untuk Mempersolek Situ Ciburuy
IST

Bosscha.id – Objek wisata Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat akan segera ditata. Rencananya, penataan objek wisata yang melegenda di Jawa Barat tersebut akan dimulai pada 2019 ini.

Pada awal tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp. 30 miliar untuk penataan situ yang terkenal dengan ikannya sulit dipancing tersebut.

“Insya Alloh pelaksanaannya akan segera dilakukan dibulan ini. Sekarang konsultannya sudah ada dan anggarannya sudah tersedia,” kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy, Selasa (8/1/2019).

Umbara menambahkan, bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya bantuan anggaran dari provinsi. 

Namun demikian, menurutnya jika melihat kondisi saat ini, setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar Rp 100 miliar untuk penataan Situ Ciburuy.

“Memang sementara penataan dilakukan untuk mempercantik muka dan fasilitas yang bersifat urgent saja. Namun, jika melihat kondisi saat ini, setidaknya butuh Rp. 100 Miliar untuk penataan Situ Ciburuy. Diharapkan Pemprov bisa memberikan kucuran dana tambahan ditahun-tahun berikutnya,” paparnya.

Umbara juga mengungkapkan, dengan penataan wajah Situ Ciburuy diharapkan mampu mendongkrak citra positif dan mengangkat kembali nama baik objek wisata Situ Ciburuy.

Terlebih kata dia, Situ Ciburuy merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di KBB bahkan Jawa Barat.

“Hanya saja tingkat kunjungan wisatawan masih sangat rendah karena penataan dan pengelolaannya masih kurang baik,” ujarnya.

Menurut Umbara, jika Situ Ciburuy sudah tertata dengan baik, diharapkan 
keberadaan Situ Ciburuy bisa menjadi salah satu solusi memecah konsentrasi kunjungan wisata KBB yang selama ini terfokus ke kawasan Lembang dan sekitarnya.

Baca Juga:   Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

“Dengan demikian, sektor pariwisata akan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi pemerintah,” harapnya.

Seperti diketahui, kini KBB masuk dalam kategori destinasi wisata terbesar ke 10 di Indonesia. Sementara dengan penataan Situ Ciburuy ini bisa mendongkrak hingga menjadi posisi 5 besar.

“Saya meminta seluruh stakeholder dan masyarakat Ciburuy untuk turut mendukung program baik ini. Sebab, yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat” tuturnya.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Ciburuy, Yadi Hendradi sebelumnya mengungkapkan, secara lokasi Situ Ciburuy juga dipandang cukup strategis. Sebab, Situ Ciburuy berada di pinggir jalan nasional dengan akses keluar dari Tol Padalarang serta bisa datang dari arah Cianjur.

Ia mengatakan, jika melihat potensi tersebut, maka pengembangan wisata Situ Ciburuy untuk maju sangat besar.

“Contoh saja, Situ Umar di Lembang itu bisa maju bahkan ramai dikunjungi yang sekarang kita kenal dengan Floating Market. Nah, sekarang Situ Ciburuy, kalau objek wisata ini serius ditata dengan baik bisa memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar. Artinya, sekarang yang penting ditata dulu agar nantinya pengunjung bisa datang ke sini,”ungkap Yadi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password