Memajukan Pariwisata Tanpa Mengeksploitasi Alam di Bandung Barat

Memajukan Pariwisata Tanpa Mengeksploitasi Alam di Bandung Barat
bosscha.id

Bosscha.id – Pengembangan konsep wisata baru di Kabupaten Bandung Barat jangan sampai mengeksploitasi alam. Jika ingin mengembangkan objek wisata baru, pemerintah daerah disarankan agar mengedepankan ekowisata atau wisata edukasi di sejumlah wilayah, terutama di wilayah selatan.

Hal tersebut disampaikan Pemerhati Lingkungan dan Pakar Persamapahan Nasional dari Universitas Islam Bandung (Unisba), kepada “bosscha.id“, Jumat (4/1/2018).

Menurut Satori, ekowisata berbasis lingkungan bisa menjadi solusi dalam mengembangkan wisata baru di Bandung Barat. Selain itu, konsep tersebut diyakini bisa mencegah terjadinya eksploitasi sehingga akan tetap melestarikan alam serta mempertahankan kearifan lokal.

“Konsep pengembangan wisata, yang jelas itu jangan sampai mengubah tatanan alam secara drastis. Dan saya rasa ekowisata bisa menjadi solusinya,” kata Satori.

Satori mengungkapkan, bahwa ekowisata tak hanya berbicara wisata alam, namun itu juga harus ada unsur edukasi. Adapun menurutnya, tata kelola sampah menjadi yang paling penting dalam mengembangkan ekowisata berbasis pro lingkungan tersebut.

“Mengeloa lingkungan dan bagaimana mengelolah makanan secara organik itu bisa dilakukan jika konsep ekowisata ini diterapkan di sejumlah objet wisata laina,” katanya.

Pemerintah daerah sendiri berencana akan mengembangkan objek wisata baru di sejumlah wilayah Bandung Barat. Ekoturisme salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam ini, akan di kembangkan di sejumlah wilayah terutama yang memiliki keindahan alam.

Baca Juga:   Armada Minim, Perusahaan di Bandung Barat Antre Minta Pelayanan Sampah

Saat ini sudah ada tiga objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah. Ketiga objek wisata yang dikelola yaitu Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Guha Pawon di Kecamatan Cipatat, dan Curug Malela di Kecamatan Rongga.

Kepala Seksi Pengelolaan Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, David Oot mengungkapkan, bahwa memang pemerintah daerah akan mengembangkan objek wisata baru khususnya di wilayah selatan.

“Wilayah selatan ini sangat potensial baik wisata alam dan wisata buatan alami.Beberapa konsep pun sudah ada yang siap dikembangkan oleh pemerintah,” ujar David.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password