Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Hotel di Lembang Full Booked

Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Hotel di Lembang Full Booked
Ilustrasi hotel. health.arlingtonva.us

Bosscha.id – Selama libur Natal dan Tahun Baru sejumlah hotel di Lembang Kabupaten Bandung Barat kini mengalami kenaikan okupansi hingga 100 persen. Sebab, pada momentum liburan ini, banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menghabiskan waktu bersama keluarganya di kawasan wisata Lembang.

Manager Marketing dan Sales Hotel Vila Lemon Lembang, Ian Rahmat Firdaus mengungkapkan, kenaikan okupansi terjadi sejak 22 Desember 2018 kemarin.

“Mulai tanggal 22-24 kamar hotel 100 persen full terisi oleh wisatawan yang kebanyakan dari luar kota. Adapun mereka baru checkout hotel, pada 25 Desember. Adanya momentum musim libur kali ini, itu sangat menguntungkan hotel-hotel di Lembang,” ujar Ian, di Lembang, Jumat (28/12/2018).

Menurut Ian, memang pada sebelumnya, tingkat okupansi hotel di Lembang sempat menurun hingga 20 persen lantaran pengaruh cuaca. Namun, menurutnya setelah memasuki masa libur natal, tingkat hunian hotel mulai meningkat tajam.

Bahkan ia memprediksi menjelang malam tahun baru, tingkat hunian hotel di Lembang akan full booked seperti saat libur natal kemarin.

“Setelah libur natal kemarin berakhir memang ada penurunan menjadi 70 persen. Tapi, biasanya kenaikan akan mulai terasa lagi saat memasuki malam tahun baru. Kami prediksi semua hotel di Lembang penuh,” ungkap Ian.

Selama libur Natal dan Tahun Baru ini, mayoritas para tamu hotel berasal dari daerah luar Bandung. Seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Banten (Jabodetabek,red).

Baca Juga:   Bandung Barat Kekurangan Pustakawan

Ia menambahkan, dengan momentum tersebut, pihak manajemen pun tak segan akan menaikkan tarif hotel.

“Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Lembang keluarga. Biasanya kita akan naikan hotel mulai dari 20-50 persen,” kata Ian.

Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) KBB, jumlah hotel/restoran di KBB terdapat 308 hotel. Sementara, hotel dan restoran yang tergabung di PHRI sebanyak 52 hotel/restoran.

Sementara itu, Sapto Wahyudi dari manajemen Terminal Grafika Cikole,  mengungkapkan selama libur ini, hotel di Lembang menaikkan tarif penginapan sekitar 30. Kenaikan hotel, kata dia, memang sudah hal umum jika memasuki natal dan tahun baru.

“Bahkan hal ini sudah biasa dan tidak menjadi kendala bagi para tamu yang akan melakukan reservasi,” ujarnya

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password