Stone Garden dan Guha Pawon, Diproyeksikan Jadi Geopark Nasional dan Unesco Global Geopark

Stone Garden dan Guha Pawon, Diproyeksikan Jadi Geopark Nasional dan Unesco Global Geopark
Stone Garden dan Guha Pawon diproyeksikan menjadi Geopark National dan Unesco Global Geopark. Net

Bosccha.id – Dua objek wisata alam di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat  Kabupaten Bandung Barat, Stone Garden dan Guha Pawon dipersiapkan menjadi Geopark Nasional dan UNESCO Global Geopark. Dipersiapkannya kedua objek wisata tersebut, tak terlepas dari potensi dan nilai sejarah.

“Guha Pawon dan Stone Garden memang memiliki bentukan alam yang memiliki nilai sejarah. Selama ini kedua objek wisata itu cukup menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Sekarang, ke duanya tengah dipersiapkan untuk menjadi Geopark Nasional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB Sri Dustirawati di Ngamprah, Jumat (7/12/2018).

Agar kedua objek wisata tersebut segera ditetapkan menjadi Geopark Nasional dan UNESCO Global Geopark, saat ini sudah dituangkan dalam nota kesepahaman antara Pemkab Bandung Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadikan Stone Garden dan Gua Pawon menjadi Geopark Nasional.

Sri menjelaskan, setidaknya ada beberapa kategori Geopark Nasional, di antaranya geologi dan bentang alam yang meliputi kawasan, geokonservasi, serta warisan geologi dan budaya. Selain itu, kawasan itu memiliki potensi wisata dan bisa memberdayakan perekonomian masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

Sementara kategori UNESCO Global Geopark, lanjut Sri, di antaranya harus merupakan situs dan bentang alam yang memiliki signifikansi geologi secara internasional yang dikelola dengan konsep holistik perlindungan, penelitian, pendidikan, dan pengembangan berkelanjutan. Adapun global Geopark juga harus memiliki perbatasan yang jelas, ukuran yang memadai, dan memiliki warisan geologi bersignifikansi internasional.

Baca Juga:   Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

“Geopark di Bandung Barat merupakan salah satu dari 5 objek wisata alam yang dipersiapkan jadi Geopark Nasional. Ada juga daerah yang dipersiapkan untuk menjadi Geopark Nasional ini, yaitu ada di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran,”terangnya.

Menurut Sri, status lahan yang tidak sepenuhnya milik pemerintah daerah itu memang menjadi salah satu kendala pengembangan objek wisata tersebut. Namun demikian ia memastikan, hal itu tidak akan menghambat persiapan Stone Garden dan Guha Pawon menjadi Geopark Nasional.

“Soal status lahan, itu nanti bisa dikerjasamakan asal tidak merusak konservasi lingkungan. Yang jelas, itu bukan kendala untuk dijadikan Geopark Nasional,” ujar Sri.

Sri menambahkan, Stone Garden dan Gua Pawon saat ini dikelola oleh kelompok sadar wisata. Cukup banyak wisatawan berkunjung untuk menikmati wisata alam di kawasan tersebut.

“Sekarang ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ya, kami harapkan setelah sudah jadi Geopark Nasional, pengunjung semakin banyak lagi,” kata Sri.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pasirpawon, Sukmayadi mengungkapkan, sejak 2014, masyarakat di sekitar objek wisata Stone Garden terlibat untuk mengelola objek wisata tersebut. Bahkan, tidak sedikit di antara masyarakat juga sudah beralih dari pekerjaan sebelumnya, yakni menambang menjadi fokus mengelola objek wisata bebatuan tersebut.

“Sebagian besar masyarakat di Cipatat memang penambang, namun setelah ada Pokdarwis ini, mereka bisa beralih profesi mengelola objek wisata,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password

%d blogger menyukai ini: