2019, Gaji Guru Honorer di KBB Naik Jadi Rp 1,5 Juta

2019, Gaji Guru Honorer di KBB Naik Jadi Rp 1,5 Juta
Demo pegawai honorer di depan Istana. ©Liputan6.com/Angga Yuniar


Bosscha.id – Pada 2019 mendatang insentif bagi guru honorer di Kabupaten Bandung Barat akan naik. Hal itu lantaran, para guru honorer di KBB saat ini dinilai masih minim dalam tingkat kesejahteraannya.

“Tahun depan insentif guru honor di KBB  jadi Rp. 1,5 juta. Kenaikan ini bertujuan untuk meminimalisir ketimpangan kesejahteraan antara guru PNS dan honorer,” kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, di Ngamprah, Kamis (29/11/2018).

Menurut Umbara angka kenaikan tersebut sudah resmi dan telah mendapat persetujuan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bandung Barat.

Umbara mengungkapkan, saat ini Pemkab Bandung Barat, bertekad untuk selalu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Kendati pada pelaksanaannya, peningkatan tersebut tidak bisa hanya mengandalkan keberadaan guru PNS saja, tetapi juga harus mengandalkan para guru honorer.

“Sebab, peran guru honor sama pentingnya dalm meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Hanya status saja yang membedakan. Sehingga kami bertekad meningkatkan kesejahteraan mereka agar terus semangat dalam mendidik penerus bangsa,” kata Umbara.

Umbara menjelaskan bahwa terdapat 3 ciri guru profesional. Pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, seorang guru yang profesional hendaknya membangun ke sejawatan. Dan ketiga, seorang guru profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya.

Baca Juga:   Armada Minim, Perusahaan di Bandung Barat Antre Minta Pelayanan Sampah

“Dan dengan segala tantangan dan hambatannya, para guru Indonesia berada di garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bandung Barat sebelumnya mendesak pemerintah daerah perihal pengajuan bantuan insentif bagi guru honorer ini bisa terealisasi.Terlebih selama ini guru honorer hanya mengandalkan gaji dari dana BOS sekolah yang setiap bulan diterima sekitar Rp 300 ribu-Rp 500 ribu/bulan.

“Sebetulnya upaya kami untuk kesejahteraan guru ini sudah lama. Seperti untuk guru PNS kami perjuangkan soal sertifikasi guru termasuk untuk yang honorer sudah diajukan sejak lama, agar dapat insentif atau tambahan gaji. Harapan kami ada insentif dari pemerintah daerah berkisar Rp 200 ribu-Rp 300 ribu setiap bulan kepada masing-masing guru honorer,”  kata Wakil Ketua PGRI Kabupaten Bandung Barat, Jalaludin.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password