Investasi Cable Car di KBB Capai Triliunan

Investasi Cable Car di KBB Capai Triliunan
Transportasi mobil gantung atau Cable. www.traveltaormina.com


Bosscha.id – Investasi pengerjaan transportasi mobil gantung atau Cable Car yang diwacanakan dikembangkan di Lembang Kabupaten Bandung Barat mencapai triliunan rupiah. Rencananya Cable Car yang diproyeksikan untuk mengurai kemacetan di wilayah wisata Lembang ini akan dikerjakan oleh perusahaan asal Austria, PT Doppelmayr.

Direktur Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bandung Barat  PT Perdana Multiguna Sarana, Denny Ismawan mengungkapkan, kesepakatan untuk membangun proyek tersebut sudah dilakukan. Diantaranya dengan melakukan kesepakatan kerjasama atau MoU antara Pemkab Bandung Barat yang diwaikili oleh PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) BUMD Bandung Barat bersama dengan PT Aditya Dharmaputra Persada selaku pihak swasta yang akan membangun proyek tersebut.

“Jadi PT. Aditya Dharmaputra Persada dan PT Doppelmayr akan melakukan pembangunan proyek cable car ini. Bahkan investasinya bisa mencapai triliunan,” katanya di Ngamprah, Kamis (1/11/2018).

Menurut Denny, untuk kabin serta infrastruktur cable car, itu pun langsung dikerjakan oleh perusahaan asal Australia tersebut. Ia pun menyebutkan untuk groundbreaking ditargetkan bisa terlaksana di akhir November tahun ini.

“PT Doppelmayr salah satu produsen cable car terbaik di dunia. Dan di Lembang ini akan dikerjakan oleh mereka. Mudah-mudahan September ini groundbreaking sudah bisa dilakukan,” katanya.

Denny menjelaskan, untuk sistem kerjasamanya, nantinya pembangunan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihak swasta. Adapun kata dia, untuk keuntungan yang didapat oleh Pemkab mulai dari bagi hasil karcis serta pajak hiburan.

Baca Juga:   Anggota DPRD KBB Terpilih Akan di Tes Urine, BNN KBB: Butuh Otak yang Sehat untuk Bisa Memikirkan Nasib Rakyat

“Untuk harga tiket masih dibahas. Termasuk berapa nilai bagi hasilnya masih harus dibicarakan termasuk kewajiban masing-masing pihak juga bakal dirinci,” ungkapnya. 

Denny menyebutkan, rute Cable Car ini akan dimulai dari objek wisata sekitar Farm House-Floating Market-Maribaya hingga The Lodge. Menurutnya, proyek ini merupakan salah satu pemecah kemacetan di Lembang yang melibatkan pihak swasta serta pemilik objek wisata. 

“Bahkan, cable car ini akan menjadi momentum untuk memperkenalkan kawasan Lembang sebagai daerah wisata,” katanya.

Sebelumnya Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, bahwa dengan dilibatkannya pengusaha wisata dan investor swasta dalam mengerjakan proyek tersebut supaya tidak mengganggu APBD milik Bandung Barat. Sebab, APBD akan dikonsetrasikan untuk program kerja pemerintahan.

“APBD untuk keperluan program pemerintah yang menyangkut pelayanan masyarakat, termasuk di program 100 hari kerja ini,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password